Kamis, 2 Oktober 2025

Piala Dunia 2022

Aturan FIFA: Ball In Play, Gol Jepang ke Gawang Spanyol Sah! Jerman Jelas Tersingkir

merujuk pada aturan FIFA, bola dianggap masih 'in play' lantaran mash se per sekian milimeter di atas garis gawang. Jepang menang sah atas SPanyol

tangkap layar twitter
BALL IN PLAY - Tangkap layar unggahan di twitter yang menjelaskan kalau gol Jepang ke gawang Spanyol yang membuat Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2022 adalah gol yang sah. Hal itu lantaran bola assist gol kemenangan Jepang masih dianggap in play merujuk pada aturan FIFA. 

Dari sembilan gol yang muncul dalam dua pertandingan Grup E, lesakan Ao Tanaka mengundang rasa penasaran.

Pasalnya, Kaoru Mitoma, yang memberikan assist, terlambat mengoper bola ke Tanaka sehingga si kulit bulat lebih dulu keluar lapangan.

Namun, wasit asal Afrika Selatan, Victor Gomes, yang sempat mengecek Video Assistant Referee (VAR), tetap mensahkan gol Tanaka.

Gol yang dicetak Ao Tanaka sempat menimbulkan kontroversi lantaran sebelum ia mencetak gol ada indikasi insiden bahwa bola sudah keluar dari lapangan terlebih dahulu.
Gol yang dicetak Ao Tanaka sempat menimbulkan kontroversi lantaran sebelum ia mencetak gol ada indikasi insiden bahwa bola sudah keluar dari lapangan terlebih dahulu. (twiiter/brfootball)

Sontak gol Tanaka menjadi perbincangan di Twitter.

Eks bek kanan Manchester United, Gary Neville, ikut mengunggah foto bola yang akan dioper Mitoma di Twitter pribadinya.

Reporter The Mail, James Sharpe, ikut menanggapi gol Tanaka.

Sharpe memberi contoh bahwa sudut kamera dapat mengecoh.

"Komentator bingung, setelah melihat tayangan ulang pertama, mengapa gol Jepang tetap sah. Sebuah pengingat bahwa sudut kamera bisa mengecoh," kicau James Sharpe seperti dilansir BolaSport.com dari Twitter @TheSharpeEnd.

Jika gol Ao Tanaka tidak sah dan laga Jepang vs Spanyol berakhir seri 1-1, maka Spanyol dan Jerman yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Namun, akun twitter @football fandom menjelaskan, merujuk pada aturan FIFA, bola operan Kaoru Mitoma masih dianggap 'ball in play'.

"Bola dianggap out kalau 100 persen bagian bola sudah keluar lapangan. Meski ada bagian yang amat kecil belum out, maka bola belum out juga. Masih in Play. Jadi ya sudah tepat kalau bola dianggap belum keluar. Dengan itu juga jelas Jerman dipastikan keluar," kicau akun tersebut..
 

 
(oln/*/Septian Tambunan/BolaSport)

Rekomendasi untuk Anda
AA

Berita Terkini

© 2025 TribunNews.com, a subsidiary of KG Media. All Right Reserved