Piala Dunia 2022
Aturan FIFA: Ball In Play, Gol Jepang ke Gawang Spanyol Sah! Jerman Jelas Tersingkir
merujuk pada aturan FIFA, bola dianggap masih 'in play' lantaran mash se per sekian milimeter di atas garis gawang. Jepang menang sah atas SPanyol
Kontroversi Kemenangan Jepang atas Spanyol yang Bikin Jerman Tersingkir, Aturan FIFA: Bola In Play
TRIBUNNEWS.COM - Kelolosan Timnas Jepang ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 diiringi kontroversi.
Gol Jepang ke gawang Spanyol dinilai sebagian pihak seharusnya tak sah lantaran menganggap bola sudah keluar lapangan sehingga Jerman semestinya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.
Namun, rupanya, merujuk pada aturan FIFA, bola masih dianggap masih 'in play' lantaran mash se per sekian milimeter di atas garis gawang.
Baca juga: Jadwal Live Korea Selatan vs Portugal: Ironi Paulo Bento, Ksatria Taeguk Secara Ajaib Susul Jepang?
Baca juga: Jepang vs Spanyol, Bisik-bisik Rudiger Minta Tolong Agar Jerman Lolos, La Furia Roja Main Sabun?
Laga ketiga Grup E Piala Dunia 2022 yang berlangsung pada Kamis (1/12/2022) waktu setempat atau Jumat dini hari WIB benar-benar menyedot perhatian.
Pasalnya, timnas Jepang, timnas Spanyol, timnas Jerman, dan timnas Kosta Rika sama-sama sempat merasakan dalam posisi lolos sementara ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.
Namun, akhirnya Jepang dan Spanyol yang mendapat tiket ke fase gugur.
Jepang berhasil mengalahkan Spanyol 2-1 di Stadion Khalifa International.
Sempat tertinggal oleh gol Alvaro Morata (menit ke-11), Jepang mampu bangkit pada babak kedua.

Dua gol Jepang dicetak Ritsu Doan (48') dan Ao Tanaka (51').
Hasil ini membuat Jepang keluar sebagai pemuncak klasemen Grup E dengan enam poin.
Adapun Spanyol menempati posisi kedua berkat catatan empat poin.
Pada pertandingan lainnya, Jerman sukses menggulung Kosta Rika 4-2.
Gol-gol Jerman dibukukan Serge Gnabry (10'), Kai Havertz (73', 85'), dan Niclas Fuellkrug (89').

Sementara itu, dua gol Kosta Rika disarangkan Yeltsin Tejede (58') dan lesakan bunuh diri Manuel Neuer (70').
Dari sembilan gol yang muncul dalam dua pertandingan Grup E, lesakan Ao Tanaka mengundang rasa penasaran.
Pasalnya, Kaoru Mitoma, yang memberikan assist, terlambat mengoper bola ke Tanaka sehingga si kulit bulat lebih dulu keluar lapangan.
Namun, wasit asal Afrika Selatan, Victor Gomes, yang sempat mengecek Video Assistant Referee (VAR), tetap mensahkan gol Tanaka.

Sontak gol Tanaka menjadi perbincangan di Twitter.
Eks bek kanan Manchester United, Gary Neville, ikut mengunggah foto bola yang akan dioper Mitoma di Twitter pribadinya.
Reporter The Mail, James Sharpe, ikut menanggapi gol Tanaka.
Sharpe memberi contoh bahwa sudut kamera dapat mengecoh.
"Komentator bingung, setelah melihat tayangan ulang pertama, mengapa gol Jepang tetap sah. Sebuah pengingat bahwa sudut kamera bisa mengecoh," kicau James Sharpe seperti dilansir BolaSport.com dari Twitter @TheSharpeEnd.
Jika gol Ao Tanaka tidak sah dan laga Jepang vs Spanyol berakhir seri 1-1, maka Spanyol dan Jerman yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.
Namun, akun twitter @football fandom menjelaskan, merujuk pada aturan FIFA, bola operan Kaoru Mitoma masih dianggap 'ball in play'.
"Bola dianggap out kalau 100 persen bagian bola sudah keluar lapangan. Meski ada bagian yang amat kecil belum out, maka bola belum out juga. Masih in Play. Jadi ya sudah tepat kalau bola dianggap belum keluar. Dengan itu juga jelas Jerman dipastikan keluar," kicau akun tersebut..
(oln/*/Septian Tambunan/BolaSport)